Sistem Belajar Online Yang Diterapkan Di Indonesia Kala Pandemi

Karena Covid-19 meluas ke semua provinsi Indonesia, pemerintah bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui Internet. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko perambatan virus mahkota, terutama pada anak-anak. Kegiatan PJJ telah diterapkan dari April 2020 hingga saat ini. Laporan dari halaman situs pendidikan di era pandemi, ada beberapa area yang masih di zona merah, yang merupakan risiko tinggi transmisi Covid-19. Area lain didominasi oleh Orange, yang menunjukkan risiko penularan virus mahkota di tingkat menengah. Sementara zona kuning menunjukkan tingkat risiko yang rendah, dan zona hijau berarti tidak ada kasus.

Sistem Belajar Online Yang Diterapkan Di Indonesia Kala Pandemi

Khusus untuk area kuning dan hijau, pemerintah memungkinkan pembelajaran tatap muka lagi. Seperti halnya daerah yang masih memiliki risiko penyebaran dari medium hingga tinggi, keduanya harus mematuhi aturan untuk mempertahankan pembelajaran online. Pembelajaran jarak jauh tentu tidak harus bekerja tanpa masalah. Ada banyak kendala yang terjadi dalam implementasinya. Rare, karyawan swasta di Bekasi harus membagi waktu mereka untuk WFH saat menemani anak-anak mereka saat mereka belajar online. Menurutnya, PJJ cukup waktu karena banyak tugas. Selain itu, guru tidak mengajukan pertanyaan dan menjawab, tetapi dia hanya memberikan masalah ini dan mempraktikkan pertanyaan-pertanyaan di Grup Whatsapp.

Efektif Sistem Belajar Online Yang Diterapkan Di Indonesia 2021

Rintangan lain adalah kurangnya konsentrasi anak. Hal ini disebabkan oleh banyak gangguan ketika belajar di rumah, seperti: undangan untuk bermain dari teman sebaya atau gadget. Karena itu, jarang harus mencoba membujuk tambahan anak Anda untuk melakukan tugas yang diberikan. Istilah pembelajaran dan tempat tidur online muncul sebagai bentuk pola pembelajaran di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Online berarti “Di jaringan” sebagai pengganti kata-kata online yang sering kita gunakan sehubungan dengan teknologi internet. Online adalah terjemahan dari istilah online yang signifikan yang terhubung ke jaringan internet.

Belajar online berarti bahwa pembelajaran dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran dan jejaring sosial. Belajar online adalah pembelajaran yang dilakukan tanpa membuat tatap muka, tetapi melalui platform yang tersedia. Semua bentuk yang dijadwalkan didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online, dan tes juga diimplementasikan secara online. Sistem pembelajaran online ini dibantu oleh beberapa aplikasi, seperti ruang kelas Google, Google Meet, Edmudo dan Zoom.

Tinggalkan Balasan
Your email address will not be published.
*
*

BACK TO TOP